Vertigo berbeda dari migren (migrain). Migrain ditandai sakit kepala sebelah yang berdenyut sakit sekali. Sementara vertigo ditandai dengan pusing kepala hebat. 

Tapi tidak semua pusing adalah vertigo. Vertigo itu pusing yang parah. Orang zaman dulu bilang, pusing tujuh keliling. Selain vertigo, pusing bisa juga gejala dari penyakit lain, biasanya pusing ringan, misalnya:

  1. Kurang darah

Orang awam kadang menyebutnya darah rendah. Istilah medisnya anemia. Kekurangan hemoglobin (sel darah merah). Sel darah ini bertugas menyuplai oksigen ke otak. Karena suplai oksigen berkurang, otak jadi agak error dengan gejala pusing. Obatnya adalah makan makanan yang banyak mengandung zat besi dan protein, misalnya daging. Atau, bisa juga ditambah suplemen zat besi seperti Sangobion dkk. Cara tahunya bagaimana? Cek darah, periksa kadar Hb. Baca juga bab Obat Tambah Darah.

  1. Tekanan darah rendah

Orang awam kadang juga menyebutnya “darah rendah” padahal ini beda dengan kasus nomor satu. Tekanan darah rendah bahasa medisnya hipotensi. Bukan karena kekurangan sel darah merah, melainkan karena pompa darahnya kurang kuat sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke otak juga rendah. Gejalanya memang mirip kurang darah tapi penyebabnya berbeda. Cara tahunya bagaimana? Ukur tensi darah. Baca juga bab Obat Darah Rendah.

  1. Atau kondisi penyakit lain. 

Kemungkinannya masih banyak. Misalnya sakit infeksi, hipertensi (darah tinggi), kondisi gula darah rendah, atau lainnya. 

Intinya, penyebab pusing itu banyak sekali. Tidak semua pusing adalah vertigo. Vertigo terjadi karena ada gangguan di organ yang mengatur keseimbangan badan kita. Organ ini ada di telinga bagian dalam dan di otak. Organ inilah yang mengatur keseimbangan sehingga kita tidak berjalan seperti pendekar mabuk. Semua kondisi kesehatan yang mempengaruhi organ keseimbangan ini bisa menyebabkan vertigo. 

Obat vertigo di apotek

 

  1. Obat sakit kepala

Vertigo yang masih ringan bisa diredakan dengan minum obat sakit kepala yang bisa juga digunakan untuk migrain. Obat kelompok ini bisa dibeli tanpa resep dokter. Baca juga bab Obat Migrain

  1. Obat migrain

Obat-obat untuk mencegah migrain bisa juga digunakan untuk vertigo. Misalnya flunarizin (flunarizin) dan cinnarizin (cinnarizine). Ini bukan obat bebas. Baca selengkapnya bab Obat Migrain.

  1. Obat mual-muntah

Pusing dan mual adalah satu paket. Obat-obat mual bisa juga digunakan untuk vertigo. Misalnya dimenhidrinat (merek Dramamine dkk), prometazin, piratiazine, dll. Baca selengkapnya bab Obat Mual dan Muntah

  1. Betahistin (betahistine)

Ini bukan obat bebas, khusus untuk orang dewasa, 18+. Dosis harus ditentukan oleh dokter. Contoh merek: Betaserc, Histigo, Merislon, Mertigo, Noverty, Sercol, Vercure, Versillon, Vertex, Vertikaf.

Perlu diingat, semua obat di atas hanya meredakan gejala pusing vertigo. Tidak ada yang menyembuhkan. Sama seperti migrain, vertigo juga sulit disembuhkan. Kalau badan kita sakit, vertigo mudah kambuh.Kalau kita hanya mengandalkan obat, maka makin lama vertigo bisa makin sering kambuh. 

Itu sebabnya kalau kita punya bawaan vertigo, kita harus berusaha sebisa mungkin menerapkan pola hidup sehat agar vertigo tidak mudah kambuh. 

  • Istirahat yang cukup

  • Minum cukup air

  • Hindari stres dan kecapekan

  • Hindari gerakan badan yang terlalu cepat

  • Hindari olahraga yang terlalu keras

  • Pilih olah raga yang menenangkan seperti yoga atau olah nafas seperti meditasi

  • Kalau bangun tidur, duduk dulu, jangan langsung berdiri

  • Batasi penggunaan hape

  • Jangan banyak utang hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *