Apa merek salep kulit gatal yang paling ampuh? Ini sama saja dengan pertanyaan, apa kendaraan yang paling bagus?


Kendaraan paling bagus adalah yang paling sesuai dengan keperluannya. Jawabannya bisa sepeda motor, mobil, bus, kereta api, pesawat terbang, atau bahkan sepeda ontel. 


Begitu pula, salep kulit paling bagus adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kulit gatal itu penyebabnya macam-macam. Bisa karena jamur, alergi, parasit (hewan yang sangat kecil), atau sebab lain. Kalau gatalnya karena jamur, obatnya tentu anti-jamur. Kalau gatalnya karena alergi, obatnya tentu anti-alergi. Kalau gatalnya karena kudis, obatnya tentu anti kudis.


Jadi, tidak ada jawaban tunggal dari pertanyaan di atas. 


  1. Salep Kulit Gatal Karena Jamur

Contoh paling umum gatal karena jamur adalah panu, kadas, kurap, kutu air (gatal di sela-sela jari kaki), gatal di selangkangan. Gatal jamur biasanya disebabkan karena kurang menjaga kebersihan atau karena lembap. Panu bisa menular lewat handuk yang dipakai bersama. Kaki bisa kena kutu air kalau sering kena air dan lembap. Kurap bisa menular dari hewan piaraan ke manusia lewat sentuhan. 


salep kulit gatal



Jika penyebabnya adalah jamur, obatnya adalah anti jamur.


  1. Salep 88 dan Kalpanax

Orang-orang tua kita dulu mengobati gatal jenis ini dengan Salep 88 dan Kalpanax cair. Ini obat legendaris. Isinya sulfur dan salisilat yang bisa membunuh jamur. Kelemahannya, obat ini tergolong panas sebab salisilat bisa mengelupaskan kulit. 


Salep 88 sampai sekarang masih ada. Tapi Kalpanax cair sudah tidak diproduksi lagi karena sebetulnya formulanya terlalu panas di kulit. Sampai sekarang Kalpanax cair masih banyak dicari orang karena memang sangat ampuh. 

https://www.traditionrolex.com/36


Sekarang Salep 88 membuat varian baru KRIM 88 (bukan salep). Kalpanax juga membuat varian baru, Kalpanax Salep dan Kalpanax Krim. 


salep kulit gatal




Krim adalah sejenis salep tapi mudah dibersihkan dengan air. Krim 88 dan Krim Kalpanax isinya miconazole. Ini antijamur modern yang tidak panas di kulit. Tidak mengelupaskan kulit. Bisa dipakai untuk kulit yang sensitif. 


  1. Salep Ketoconazole

Di apotek ada banyak pilihan lain salep anti jamur. (Sebetulnya istilah yang lebih tepat adalah krim, bukan salep). Yang paling murah misalnya salep generik yang berisi ketoconazole, miconazole, atau itraconazole. 


Contoh merek obat yang berisi ketoconazole (ketokonazol), yang harganya lebih mahal: Nizoral, A-Be, Anfuhex, Cidaral, Dandrufin, Dericazole, Dexazol, Dezor, Dysfungal, Erazol, Etafungal, Fexazol, Formyco, Fungasol, Fungoral, Grazol, Interzol, Kanazol, Ketomed, Lamycos, Lusanoc, Murazid, Muzoral, Mycoderm, Mycoral, Mycozid, Nizol, Nofung, Omegzol, Picamic, Profungal, Pronazol, Solinfec, Sporex, Thicazol, Tokasid, Wizol, Zoralin, Zumarol.


  1. Salep Miconazole 

Contoh merek obat yang berisi miconazole (mikonazol): Daktarin, Brentan, Daktazol, Fungares, Funtas, Hexaderm, Kalpanax-K, Locoriz, Micort, Micrem, Moladerm, Mycorin, Mycorine, Proson M, Thecort, Vaslone, Yuphamicorine, Zolacort, Zolagel.


  1. Salep Itraconazole

Contoh merek obat yang berisi itraconazole (itrakonazol): Forcanox, Igrazol, Itzol, Mycotrazol, Nufatrac, Petrazole, Soltrazol, Sporacid, Sporadal, Sporanox, Sporax, Spyrocon, Trachon, Tracor, Unitrac, Zitrazol


  1. Clotrimazole (klotrimazol)

Contoh merek: Canesten, Neo Ultrasiline, Baycuten-N, Bernesten, Beytucen, Candacort, Candazole, Canexcream, Clonitia, Cotristen, Demy, Dermifar, Erphamazol, Fungiderm, Heltiskin, Katisiline, Kranos, Lotremin, Lotriderm..


  1. Tablet ketoconazole atau griseofulvin

Ada kalanya gatal jamur ini tidak bisa diatasi dengan salep. Misalnya karena sangat parah atau sudah menyebar ke mana-mana. Untuk kasus begini, kita harus ke dokter. Mungkin dokter akan meresepkan obat jamur yang harus diminum jangka lama, misalnya tablet ketoconazole atau griseofulvin. Sekadar diketahui saja. Ini sudah wilayah dokter. Jangan minum obat ini tanpa konsultasi ke dokter sebab obat-obat ini memperberat kerja liver. 


Baca juga: Salep Pi Kang Shuang vs Salep Sriti


  1. Salep Kulit Gatal Karena Alergi

Alergi kulit bisa disebabkan macam-macam. Bisa karena makanan seperti udang, ikan, seafood, susu, kacang, kedelai, susu formula, tepung terigu, bahan makanan lain, debu, keringat, asap rokok, rambut hewan, gigitan serangga, suhu dingin, malam hari, bakteri, virus, bahan kimia, obat-obatan, dan lain-lain. 


salep kulit gatal




2.1. Salep Hidrokortison (Hydrocortisone) atau Betametason (Betamethasone)

Untuk gatal alergi seperti ini, obatnya adalah salep anti alergi. Yang umum tersedia di apotek misalnya salep berisi betametason. Contoh merek yang terkenal: Betason. 


Betametason adalah obat keras sejenis dexametason. Bukan obat bebas. Tapi kita bisa membeli di apotek dengan berkonsultasi ke apoteker. 


Obat ini TIDAK BISA MENYEMBUHKAN alergi. Hanya meredakan gejalanya saja. Alerginya sendiri tidak hilang. Kalau besok kita makan udang lagi, alergi bisa muncul kembali. Karena itu, cara terbaik mencegahnya adalah menghindari pencetusnya. 


2.2. Salep Betametason Plus Antibiotik Neomisin atau Gentamisin

Gatal alergi ini kadang disertai infeksi, misalnya karena kita garuk sampai luka. Untuk kasus luka seperti ini, kita bisa pakai salep berisi betametason plus antibiotik kulit seperti neomisin (neomycin) atau gentamisin (gentamicin). 


Contoh merek yang terkenal: Betason N. Ada tambahan huruf N (neomisin). Ini bukan obat bebas. Tapi kita bisa membelinya di apotek dengan berkonsultasi ke apoteker. 


Contoh merek yang berisi betametason saja dan yang ditambah antibiotik: Argensol, Benoson G, Benoson N, Beprosalic, Beprosone, Berloson-N, Betasin, Betason, Betason N, Betopic, Bevalex, Biocort, Celestoderm V, Corsaderm, Daivobet, Demy, Digenta, Diprogenta, Diprosalic, Diprosone Ov, Fucicort, Krimbeson, Lotriderm, Mesonta, Metaskin-N, Metonate, Molason, Mytaderm, Nisagon, Orsaderm, Oviskin, Proson, Proson G, Proson N, Salgen Plus, Scanderma, Scanderma Plus, Skilone, Skinal, Skizon, Sonigen, Temprosal, Temprosone, Tuderm-N, Zensoderm. 


2.3. Golongan Betametason yang Lain

Di apotek ada berbagai merek yang berisi obat sejenis betametason. Misalnya: Desoximetasone. Contoh merek: Esperson, Inerson, Dercason, Desomex, Dexigen, Dexocort, Dexosyn, Lerskin, Metsocrim, Pyderma, Sterocor, Topcort.


Contoh lain: triamcinolon, beklometason, mometason, klobetasol, fluocinolon. 

Biasanya harganya lebih mahal. Tapi secara umum, kita jarang sekali membutuhkan obat-obat ini. Betametason saja sudah cukup. Ini sudah wilayah dokter dan apoteker. 


Kita tidak perlu tahu terlalu banyak. Kita cukup tahu obat-obat penting yang memang kita perlukan. 


3. Salep Kulit Gatal Karena Kudis

Kudis berbeda dari kadas. Kadas disebabkan jamur. Jamur kulit itu sejenis tumbuhan jamur kayu yang ukurannya sangat kecil. Hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. 


Kudis (gudik) tidak disebabkan jamur melainkan parasit, hewan yang sangat kecil. Orang Jawa menyebutnya “ulat”. Hewan ini hidup di terowongan di bawah kulit. Mereka bergerak-gerak, menyebabkan rasa gatal yang luar biasa. Lebih gatal daripada penyakit akibat jamur. 


salep kulit gatal




Biasanya gatal kudis ini diderita siswa yang tinggal di asrama atau pesantren. Yang sering memakai barang-barang bersama. Satu anak kena, semua kawannya tertular. 


3.1. Permetrin

Gatal kudis seperti ini tidak akan sembuh dengan sejenis Salep 88,Daktarin, Betason, atau lainnya. Gatal kudis harus diobati dengan anti parasit. Obat jenis ini mirip dengan obat kutu rambut (tumo).


Kategorinya adalah pestisida. Ya, pestisida. Tidak salah baca. Bedanya apa dengan pestisida di pertanian? Bedanya hanya jenis dan dosisnya. Karena obat ini jenis pestisida, pemakaiannya harus sangat hati-hati. Jangan sampai sampai kena mata, luka, atau makanan. Setelah mengoleskan salep, tangan harus dicuci bersih. Ibu hamil atau menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat ini. 


Contoh obat kudis di apotek: permethrin (permetrin). Contoh merek: Scabimite, A Scabs. Permethrin juga merupakan kandungan obat kutu rambut yang terkenal, Peditox. Bedanya, kadar permetrin di obat kudis lebih pekat daripada di obat kutu rambut. 


3.2. Bubuk Belerang

Ada kalanya, kudis sudah sangat parah dan tidak bisa diatasi dengan Scabimite. Biasanya parasitnya membangun terowongan di bawah kulit yang sulit dijangkau oleh obat. Untuk kasus seperti ini, kita bisa memakai obat kuno bubuk belerang yang dicampur dengan minyak tanah. Selengkapnya bisa dibaca di bab Belerang


4. Obat Gatal Sekujur Tubuh


Kalau gatalnya karena alergi dan menjalar di sekujur tubuh, salep betametason tidak akan sanggup mengatasinya. Alergi seperti ini harus diobati dengan obat alergi yang diminum. Misalnya CTM, cetirizine, loratadin, dexametason. Selengkapnya baca:


 

5. Obat Gatal Karena Kena Tumbuhan atau Hewan


Ada kalanya gatal yang kita alami disebabkan oleh materi tumbuhan atau hewan, misalnya karena kena bulu ulat, kena bulu tumbuhan di semak-semak, digigit nyamuk, atau digigit serangga lain, maka obatnya tergantung tingkat keparahan. 


Kalau ringan, kita bisa pakai bedak Herocyn saja. Kalau masih belum sembuh, misalnya bekas gigitan serangga masih ada, kita bisa pakai salep betametason. Kalau gatalnya sampai sangat mengganggu, kita bisa minum obat alergi seperti CTM, cetirizin, loratadin di poin nomor 4 di atas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *